Rabu, 18 Mei 2011

Wara-wiri...

Pertemuan Kelompok Tani di Balai Dusun Kepek 2

Luar biasa, dalam sehari saya berada di lima kota sekaligus, Bantul, Jogja, Sleman, Magelang dan Gunungkidul. Saya di Bantul karena disana rumah saya, di Jogja saya pasti melewatinya karena saya harus ke Sleman tempat kampus saya. Sementara di Magelang saya dan Mitha ada kegiatan pemberdayaan masyarakat di lereng Merapi sejak bulan februari kemaren. Dan di Gunungkidul saya kembali ke Dusun Kepek 2 untuk mengikuti pertemuan kelompok tani disana. Lagi-lagi saya kesana bersama Ocha.

Saya memang diminta untuk menghadiri acara tersebut oleh pengurus kelompok tani, mereka minta agar kegiatan yang akan kita lakukan dapat disosialisasikan ke kelompok tani juga. Banyak yang hadir dalam pertemuan ini, mungkin sekitar 40-an orang lebih. Dan saya hanya sangat singkat memberikan pengarahan di forum tentang kegiatan yang akan kita lakukan, karena saya sudah sangat capek seharian wara-wiri di banyak kota (hehe, lebay). Kelompok tani menyambut baik kegiatan yang akan kita lakukan, bahkan para pengurus mendukung 100% kegiatan tersebut.

Kelomok tani Kepek 2 sudah mengolah pisang menjadi keripik pisang.

Saat pertemuan tersebut kami disuguhi keripik pisang yang kata salah satu pengurus kelompok tani dulu saya dan teman-teman yang mengajarkan pengolahan pisangnya. Saya jadi teringat, beberapa tahun lalu saya pernah melakukan kegiatan PKPP (Pekan Keprofesian dan Pengabdian POPMASEPI), POPMASEPI adalah Perhimpunan Organisasi Profesi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Indonesia. Waktu itu kami sempat memberikan penyuluhan tentang pasca panen, diantaranya untuk pisang diolah menjadi keripik pisang dan singkong menjadi tepung. Namun kata pengurus tersebut untuk pengolahan singkong menjadi tepung tapioka belum dapat dijalankan dengan lancar.

Sungguh hari yang sangat melelahkan tapi menyenangkan karena dapat tanggapan yang positif dari warga Kepek 2. Semoga hari esok selalu lebih baik dari hari ini......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar