Selasa, 17 Mei 2011

Untuk Pertama Kalinya...

Setelah berdiskusi panjang beberapa waktu yang lalu di sebuah warung kopi, akhirnya saya dapat mewujudkan gagasan-gagasan yang telah kita matangkan. Saat itu kita sedang membahas tentang sosialisasi atas kegiatan yang akan kita lakukan. Dan kegiatan yang akan kita lakukan adalah pemberdayaan masyarakat tani melalui pemanfaatan pekarangan rumah keluarga. Lokasi kegiatan tersebut di Dusun Kepek 2, Desa Banyusoco, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Sebenarnya kita pernah melakukan kegiatan di dusun tersebut, waktu itu kita membawa nama Keluarga Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian (KMSEP) UGM.

Kali ini saya berangkat hanya bersama Ocha, karena Kurowo dan Mitha sedang tidak enak badan, sedangkan Curut sedang sibuk dengan organisasinya. Curut masih menjabat sebagai ketua di organisasinya tersebut, dan sebentar lagi akan habis masa jabatannya, tampaknya dia sibuk dengan persiapan laporan pertanggungjawaban periode kepengurusannya. Meskipun kami hanya berdua, kami tetap bersemangat dalam melakukan sosialisasi. Cerita tentang siapa saja di Rondo Noleh dan bagaimana terbentuknya akan kami jelaskan di posting berikutnya.

Nebeng sosialisasi di PKK Dusun

Mengapa kita memilih pekarangan? karena di sana kita bisa melakukan banyak hal, dan banyak manfaat yang kita peroleh. Kita hanya ingin masyarakat disana dapat memperoleh makanan yang sehat dan dapat dihasilkan sendiri tanpa harus membeli. Dari pekarangan kita juga bisa melestarikan lingkungan yang saat ini kita anggap kualitasnya semakin menurun. Menurut kami pekarang adalah unit terkecil dari lingkungan yang dapat dikelola langsung oleh keluarga.

Hari Minggu tanggal 15 Mei 2011 kami mengikuti pertemuan PKK Dusun Kepek 2 bertempat di balai Dusun Kepek 2. Kami manfaatkan kegiatan tersebut untuk melakukan sosialisasi kegiatan yang akan kita lakukan. Meskipun tidak semua ibu-bu dari semua RT di Kepek 2 tidak banyak yang hadir namun antusiasme terlihat dari ibu-ibu yang hadir saat pertemuan tersebut.

Ibu-ibu antusias menanggapi kegiatan yang akan kita lakukan.

Di Kepek 2 terdiri dari tujuh RT, rencananya nanti kita akan melakukan pelatihan pemanfaatan pekarangan rumah dan mengambil wakil dari masing-masing RT. Wakil tersebut nantinya akan bertugas melatih anggota RTnya dengan materi yang diperolehnya di pelatihan tersebut. Pelatihan akan dilaksanakan pada Hari Minggu tanggal 29 Mei 2011 di rumah Bapak Ngadiran (Ketua Gabungan Kelompok Tani Desa Banyusoco).

Sebelum pelatihan kami laksanakan, dua hari sebelumnya kami akan melakukan persiapan tempat dan lahan disana, so wish us luck :)....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar