Selasa, 17 Mei 2011

Pembuatan Komposter dari Bekas Wadah Cat

Nah sekarang saatnya kita melakukan persiapan sebelum melakukan pelatihan di warga Kepek 2. Kali ini kita akan membuat komposter dari bekas wadah cat. Komposter ini nantinya akan kita manfaatkan di Kepek 2. Kita manfaatkan saja barang-barang bekas biar tidak jadi sampah yang membuat masalah lingkungan.


Alat yang dibutuhkan adalah :
  1. Gunting Besi
  2. Tang
  3. Penggaris
  4. Pensil/spidol
  5. Palu
Sementara bahan yang di butuhkan adalah :
  1. Wadah cat bekas
  2. Strimin besi
  3. Paku
  4. Kawat
  5. Mur dan baut
  6. Potongan lempengan tembaga/almunium
Potong strimin sehingga berbentuk lingkaran dengan diameter sesuai diameter wadah cat. Gambar pola lingkaran terlebih dahulu dengan pensil atau spidol pada strimin untuk mempermudah pemotongan.


Sehingga menjadi seperti ini :


Strimin bisa diganti dengan kain kasa atau kain yang seratnya tidak terlalu rapat.

Pasang kawat secara melintang pada wadah cat yang berfungsi untuk dudukan striminnya. Tinggi peletakkan strimin kira-kira 5 cm dari bagian bawah wadah cat.


Kemudian beri lubang di bagian bawah wadah cat dengan menggunakan paku.


Beri lempengan tembaga atau almunium pada tutup wadah cat.


Komposter yang kita buat kali ini adalah untuk mengolah sampah organik secara aerob, sehingga kita beri lubang di wadah catnya. Komposter ini bisa digunakan untuk sampah-sampah dapur, bisa dileletakkan di dapur. Karena disana banyak sekali diproduksi sampah-sampah organik. Sehingga dengan mudah kita dapat membuat kompos secara mandiri.



Oiya, jangan lupa meletakkan kompos yang sudah jadi di bagian bawah komposter agar proses pembusukan berjalan cepat, jangan lupa juga menambahkan bakteri pemercepat pengomposan. Sampah yang sudah dimasukkan di komposter dibolak-balik selama 3 hari sekali agar membantu bakteri mempercepat proses pengomposan. Proses pengomposan rata-rata membutuhkan waktu 3 minggu.


Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar